Saturday, September 12, 2015

10 Bahasa Tubuh untuk Membuat Presentasi Kita Luar Biasa

Sebagai seorang profesional, kita harus bisa membagikan ide kita kepada orang lain. Salah satu cara membagikan ide adalah dengan cara mempresentasikannya. Tentu saja melakukan presentasi dengan luar biasa bukanlah pekerjaan yang mudah. Disamping kita harus mempunyai materi yang komprehensif dan slide PPT yang luar biasa pula, cara kita presentasi juga sangat penting untuk menyampaikan isi gagasan kita.

Salah satu cara agar presentasi kita menarik adalah dengan menggunakan bahasa tubuh (body language) yang tepat. Tapi, pasti kita bingung body language yang seperti apa yang harus digunakan. Setiap bahasa tubuh memiliki arti dan tujuan tertentu, sehingga memilih body language yang pas tersebut memang sangat penting.

Inilah 10 Bahasa Tubuh untuk Membuat Presentasi Kita Luar Biasa :

1. Membuka Dada dan Lengan dan Punggung Tetap Tegak



Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri kita. Dengan melakukan gerakan ini, akan semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita. Hal tersebut membuat pernafasan kita lebih baik dan kita lebih rileks saat presentasi.

2. Jangan Lupa Senyum



Senyum ini memang yang harus kita lakukan pertama kali saat presentasi. Selain akan menenangkan kita, tersenyum juga akan membuat penonton kita merasa nyaman. Senyum kita akan membuat presentasi kita lebih enak didengarkan karena suasana akan menjadi lebih sejuk saat kita tersenyum.

3. Gerakan Lengan dan Tangan serta Kontak Mata



Bingung ketika penonton kita mulai tidak memperhatikan kita ? Cara menggerakkan tangan dan lengan secara natural akan membuat perhatian mereka beralih ke kita. Selain itu, kita harus melihat para penonton kita tepat di matanya karena biasanya orang yang ditatap matanya secara langsung, maka perhatiannya akan teralih ke kita secara alami.

4. Lakukan Gerakan Kecil yang Tegas



Gerakan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kedaulatanmu. Jangan lupa tetap tenang dalam melakukan ini. Apabila berhasil, maka orang akan dapat percaya kepadamu dan melihatmu sebagai orang yang percaya diri. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan original kita sehingga orang dapat mengenal kita.

5. Langkah Kecil



Akan terasa membosankan ketika kita melakukan presentasi jika posisi kita tetap sama. Oleh karena itu, mengambil langkah kecil sangatlah penting disaat kita melakukan presentasi. Dengan melakukan itu, presentasi kita akan lebih hidup. Selain itu, penonton juga akan lebih senang karena mereka bisa mengalihkan pandangan mereka ke tempat yang berbeda sehingga tidak merasa bosan.

6. Gunakan Gerakan yang Bervariasi



Dalam poin sebelumnya, disebutkan kalau memakai gerakan tangan dan lengan akan membuat presentasi kita menarik. Tetapi, itu saja tidak cukup. Lakukan lebih banyak gesture, maka perhatian penonton akan tetap tertuju padamu. Lakukan kombinasi gesture dari tangan, lengan, dan kepala. Lakukan juga gesture (gerakan) yang lebih luas sesuai style Anda sehingga penonton akan merasa lebih nyaman.

7. Tunjuk Sesuatu dari Layar Presentasimu



Untuk menekankan satu bagian penting, selain dengan menggunakan intonasi nada yang berbeda, kita juga bisa menggunakan trik dengan menunjuk bagian penting tersebut pada layar presentasimu. Dengan melakukan gerakan tersebut, secara otomatis penonton akan melihat kemana jarimu menunjuk sehingga perhatian lebih terpusat kepada bagian yang ingin kamu tekankan.

8. Gunakan Gerakan yang Terbuka dan Berjalan ke Arah Penonton



Gerakan ini sangat berguna untuk meningkatkan partisipasi dari penonton. Presentasi kita akan lebih monoton dan "garing" tanpa adanya partisipasi dari penonton. Dengan gerakan ini, kita berusaha mendekati penonton sehingga keberadaan penonton akan terasa sangat penting. Memang butuh sedikit usaha lebih untuk melibatkan penonton dalam presentasi kita.

9. Ambil Jeda dan Bernafas Perlahan



Gerakan ini sangat berguna untuk menenangkan diri. Terutama saat kita dihadapkan dengan pertanyaan sulit. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kamu waktu untuk berpikir. Setelah melakukan gerakan ini, jawablah pertanyaan yang sulit tersebut dengan menatap penanya. Dengan gerakan ini, pertanyaan yang sangat susah akan terlihat mudah bagi Anda.

10. Gunakan Gesture (Gerakan) Positif



Untuk membuat penonton tertarik kepada presentasi kita, menggunakan gerakan positif sangatlah penting. Gerakan positif ini bisa berupa anggukan, menirukan suatu gerakan, senyuman, dll. Dengan melakukan gerakan positif ini, penonton akan merasa lebih nyaman karena semua yang kita berikan bersifat positif.

2 comments: